Sebuah narasi beredar melalui pesan berantai Whatsapp dan juga media sosial Facebook. Dalam narasi yang beredar, disebutkan bahwa pemerintah akan segera berlakukan lockdown untuk Indonesia pada Jumat, 20 Maret 2020. Dalam narasi yang beredar, turut disematkan sebuah link yang menunjukkan video konferensi pers Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi. Jika melihat dari video yang disertakan, maka narasi yang menyatakan bahwa Indonesia akan lockdown terhitung pada 20 Maret 2020 adalah tidak sesuai dengan fakta.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI:
FALSE CONTEXT

===

SUMBER:
MEDIA SOSIAL FACEBOOK & YOUTUBE

===

NARASI:

Akhirnya,
Indonesia berlakukan Lockdown mulai tengah malam nanti, Jumat (20/3/2020) pukul 00.01 WIB. Jika sekarang Kamis (19/3/2020) pukul 13.00 WIB berarti waktu Lockdown tinggal 11 jam saja lagi

Simak
video berikut

Akhirnya
pemerintah memutuskan Indonesia lockdown (berlaku 20 Maret 2020)

https://youtu.be/bez0tB-Z0OmV8

===

PENJELASAN:
Sebuah narasi beredar melalui pesan berantai Whatsapp dan juga media sosial Facebook. Informasi tersebut menyebar ditengah menyebarnya virus corona di Indonesia. dalam narasi yang beredar, si pembuat pesan menyebut bahwa Indonesia akan segera memberlakukan status lockdown, tepatnya pada Jumat, 20 Maret 2020.

Dalam narasi yang beredar, turut serta disematkan link video yang apabila diklik akan menuju kepada video konferensi pers Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi di kanal Youtube. Apabila disaksikan, video tersebut menunjukkan pernyataan pers resmi, Retno Marsudi perihal himbauan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) untuk membatasi bepergian ke luar negeri akibat pandemic COVID-19.

Retno menghimbau agar seluruh WNI yang sedang melakukan perjalanan ke luar negeri, baik dalam rangka berlibur atau pun berbisnis untuk segera kembali ke Tanah Air sebelum 20 Maret 2020. Lebih tepatnya adalah, dalam video tersebut tidak ditemuykan pernyataan Menteri Retno terkait dengan Indonesia akan berlakukan scenario lockdown per tanggal 20 Maret 2020.

Melansir dari antaranews.com, Menlu Retno menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia membuat kebijakan khusus yaitu tidak mengizinkan pendatang dari China dan Korea Selatan, khususnya Kota Daegu dan Provinsi Gyeongsangbuk-do transit atau masuk ke Indonesia. Kebijakan khusus tersebut juga berlaku untuk para pendatang yang dalam waktu 14 hari terakhir berkunjung ke Iran, Italia, Vatikan, Spanyol, Prancis, Jerman, Swiss dan Inggris.

Jika mengacu kepada video dan pernyataan yang diberikan oleh Menlu Retno, maka narasi dalam pesan yang menyebut Indonesia akan berlakukan scenario lockdown per tanggal 20 Maret 2020 adalah tidak sesuai dengan fakta. Faktanya, Pemerintah Indonesia hanya melarang pendatang dari beberapa negara.

===

REFERENSI:

https://www.idntimes.com/news/indonesia/santi-dewi/indonesia-tidak-berlakukan-lockddown-tapi-larang-pendatang-asing-masuk

https://nasional.kompas.com/read/2020/03/20/07542941/wni-di-luar-negeri-diminta-pulang-sebelum-20-maret-ini-alasan-kemenlu

https://www.antaranews.com/berita/1369938/hoaks-indonesia-akan-berlakukan-lockdown

Akhirnya meski terlambat dan setelah mendapat tekanan dari WHO, Indonesia berlakukan lockdown mulai tengah malam nanti, Jum’at (20/3/2020) pukul 00.01 WIB. Jika sekarang Kamis (19/3/2020) pukul 21.50 WIT berarti waktu Lockdown tinggal 5 jam saja

Sahabat mari Simak video berikut

Akhirnya pemerintah memutuskan Indonesia lockdown (berlaku 20 Maret 2020)